Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik Gelar FGD Penelusuran Arsip Ungkap Kesejarahan Wilayah Sidayu

Dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten gresik

GRESIK || Pemerintah Kabupaten Gresik berkomitmen untuk melaksanakan program penyediaan informasi akses dan layanan kearsipan tingkat daerah/kabupaten kota lewat Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN). Hal ini menjadi dasar diadakannya kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penelusuran arsip/pencarian arsip.

 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik dihelat hari ini, Rabu (13/07), di ruang putri cempo lantai 1 Kantor Bupati Gresik. Dengan menghadirkan narasumber Wakil Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Provinsi Jawa Timur, Dr Mustakim, serta 2 anggota DPRD Kabupaten Gresik yakni Atek Riduan dan Taufiqul Umam dan Guru SMA Assa’adah Bungah, Eko Jarwanto, kegiatan berjalan lancar dengan moderator Kriswanto Adji selaku ketua umum yayasan Mataseger.

 

Dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman, kegiatan FGD dalam rangka penelusuran arsip/pencarian arsip ini merupakan salah satu penerapan Nawakarsa Bupati dan Wakil Bupati Gresik yakni Gresik Lestari, dimana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan melaksanakan penelusuran arsip/pencarian arsip ke Sidayu.

 

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan melaksanakan penelusuran arsip/pencarian arsip ke Sidayu, dimana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berperan dalam rangka penciptaan arsip yang autentik sebagai koleksi bangsa dan Kabupaten Gresik khususnya. Sehingga akan menjadikan generasi muda yang mencintai sejarah bangsanya,” ujar Washil.

 

Srbagai sebuah bagian wilayah penting masa lalu, sejarah Sidayu sangat layak dan pantas untuk diungkap ke permukaan secara ilmiah dan mendalam.

“Sejalan dengan ini, pemerintah Kabupaten Gresik melalui Nawakarsa yaitu Gresik Lestari berupaya agar budaya bangsa terutama peninggalan sejarah masa lalu di wilayah Kabupaten Gresik bisa dilestarikan dan dimanfaatkan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Gresik,” terangnya.

 

Kadis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik, Budi Raharjo, dalam keterangannya menambahkan bahwa FGD ini bertujuan sebagai upaya untuk menggali dan mengungkap kesejarahan wilayah Sidayu yang pada lalu merupakan suatu kadipaten di wilayah pesisir Jawa.