Lomba Tingkat III Regu Penggalang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gresik Diharapkan Lahirkan Pemimpin Berkarakter. 

Cabang gerakan pramuka gresik

GRESIK || Bertempat di gedung Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Gresik, lomba Tingkat III Regu Penggalang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gresik digelar selama 4 hari terhitung pada tanggal 13 – 16 Juli 2022.

 

Dengan mengambil tema Berbudaya, Berprestasi, dan Produktif, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Kwartir Cabang Gresik Anang Subakti, Andalan Cabang Gresik. Lomba Tingkat III ini diikuti oleh 256 peserta tingkat SMP sederajat dengan rincian, 16 Regu Putra dan 16 Regu Putri dengan masing-masing 1 pembina dari 16 Kecamatan di Gresik selain Sangkapura dan Duduksampeyan.

 

Sebanyak 33 Kegiatan akan dilombakan pada Lomba Tingkat III kali ini yaitu Giat Umum 5, Perkemahan 3, Ketangkasan 2, keterampilan 9, wawasan kebangsaan 3, dan jelajah 11.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ir. Achmad Washil Miftahul Rachman, M.M. turut serta sebagai Pembina upacara dalam pembukaan Lomba Tingkat III kali ini.

Dalam kesempatan ini beliau sampaikan bahwa keberadaan Pramuka sangat penting dalam menjaga kesatuan Indonesia saat ini. Selain itu Pramuka juga sebagai wadah untuk membentuk pribadi yang berkarakter demi berlangsungnya masa depan negara.

 

“Kami berharap dengan lomba tingkat III ini, mampu menghasilkan anggota pramuka yang berkarakter sebagai calon pemimpin masa depan yang baik” tandasnya.

 

Beliau juga singgung tentang ancaman pada kaum muda zaman ini yang berhubungan dengan narkoba, miras, kriminalitas dan sebagainya.

 

“Dinamika masyarakat disaat ini tentunya sangat memprihatinkan, seperti maraknya konsumsi miras, privalensi merokok pada usia muda, penggunaan narkoba, kriminal dan kekerasan seksual yang melibatkan kaum muda” terangnya.

Pak Sekda juga menuturkan harapannya kepada keluarga besar Gerakan Pramuka Gresik untuk benar- benar mampu menjalankan tugas dan fungsinya dalam membentuk pemuda yang bertaqwa mulia, berkepribadian, dan berkecakapan cukup.

 

Hal ini sejalan dengan program kerja dari Pramuka jatim tentang pramuka produktif dalam menggali sumber daya manusia dalam kepramukaan.

 

Terakhir, beliau mengharapkan agar seluruh partisipan mengikuti perlombaan ini dengan serius supaya mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.

 

“Lomba Tingkat III Regu Penggalang Kwartir Cabang Gresik ini Dilaksanakan dg sepenuh hati dan segenap jiwa raga” harapnya.

 

Tak lupa Sri Rahayu selaku Ketua Pelaksana Kegiatan LT III ini, juga mengharapkan setelah kegiatan, para partisipan dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam bermasyarakat dan memiliki masa depan yang gemilang.